Rekayasa Perangkat Lunak

SELAYANG PANDANG

Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak

Tujuan program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :

  • Merakit Personal Computer;
  • Menginstalasi sistem operasi dasar;
  • Menginstalasi perangkat pendukung berbasis luas;
  • Memperbaiki periferal komputer;
  • Merancang sistem informasi sederhana berbasis komputer.

Adapun materi produktif yang dipelajari :

  • Memahami teknik elektronika & digital dasar
  • Menerapkan algoritma pemrograman tkt. dasr
  • Menerapkan algoritma pemrog. tkt. lanjt.
  • Membuat basis data
  • Menguasai aplikasi basis data
  • Memahami pemrogr. visual berbasis desktop
  • Membuat pket software aplik berbasis desktop
  • Mengoperas. System operasi jaringan komp.
  • Menguasai bhs.pemrog.SQL tkt dasar
  • Menguasai bhs.pemrog.SQL tkt lanjut
  • Menguasai dasr-dsr pemb.web statis tkt dsr.
  • Membuat hal. Web dinamis tkt dsr.
  • Membuat hal. Web dinamis tkt lanjut
  • Merancang aplik. teks & desktop berbas. obj.
  • Menggunakan bhs. Pemrog. Berorientasi obj.
  • Merancang prog. Aplikasi web berbasis obj.
  • Membuat aplikasi basis data menggun. SQL
  • Mengintegrasikan basis data dgn sebuah web
  • Membuat prog. Basis data
  • Membuat aplikasi web berbasis JSP

Materi tambahan :

  • Perawatan dan Perbaikan Peralatan Elektronika
  • Pemrograman Komputer
  • Pemrograman Web
  • Design grafis

KURIKULUM PENGAJARAN

No.

MATA DIKLAT

Kelas/semester/jml jam

Jml

X

XI

XII

1

2

3

4

5

6

A NORMATIF
1. Pend. Agama

2

2

2

2

2

2

2. PPKn

2

2

2

2

2

2

3. Bahasa Indonesia

2

2

2

2

3

3

4. Penjasor

2

2

2

2

2

2

5. Seni Budaya

2

2

2

2

Sub Jumlah 10 10 10 10 9 9
B ADAPTIF
6. Bahasa Inggris 4 4 4 4 5 5
7. Matematika 5 5 5 5 5 5
8. IPA 2 2 2 2 2 2
9 Fisika 3 3 3 3 2 2
10 Kimia 2 2 2 2 2 2
11. IPS 2 2 2 2
12. KKPI 2 2 2 2 2 2
13. Kewirausahaan 2 2 2 2 2 2
Sub Jumlah 22 22 22 22 20 20
C PRODUKTIF
13. Dasar Kompetensi Kejuruan
a. Merakit personal computer

3

b. Melakukan instalasi system operasi dasar
c. Menerapkan prosedur kes.keselamatan. keamanan kerja
14. Kompetensi Kejuruan
1.Memahami teknik elektronika & digital dasar

6

2. Menerapkan algoritma pemrograman tkt. dasr
3. Menerapkan algoritma pemrog. tkt. lanjt.
4. Membuat basis data
5. Menguasai aplikasi basis data
6. Memahami pemrogr. visual berbasis desktop
7. Membuat pket software aplik berbasis desktop
8. Mengoperas. System operasi jaringan komp.
9. Menguasai bhs.pemrog.SQL tkt dasar
10.Menguasai bhs.pemrog.SQL tkt lanjut

13

11 Menguasai dasr-dsr pemb.web statis tkt dsr.
12 Membuat hal. Web dinamis tkt dsr.
13.Membuat hal. Web dinamis tkt lanjut
14.Merancang aplik. teks & desktop berbas. obj.
15.Menggunakan bhs. Pemrog. Berorientasi obj.
16.Merancang prog. Aplikasi web berbasis obj.

13

17.Membuat aplikasi basis data menggun. SQL
18.Mengintegrasikan basis data dgn sebuah web
19.Membuat prog. Basis data
20.Membuat aplikasi web berbasis JSP
Sub jumlah 8 8 10 10 13 13
D MUATAN LOKAL
Design grafis 2 2
Sub jumlah 2 2
E PENGEMBANGAN DIRI 2*) 2*) 2*) 2*) 2*)
JUMLAH 42 42 42 42 42 42

*) Dilaksanakan diluar jam pembelajaran terstruktur

 

%d blogger menyukai ini: