Sosialisasi POLMAS

Kemarin tanggal 15 MEI 2012 beberapa siswa-siswi SMK AL IRSYAD yang terdiri dari 10 anak anggota osis dan 5 anggota jurnalis, mengadakan kunjungan ke KEPOLISIAN  RESOR KOTA TEGAL mengenai sosialisasi “POLMAS JAKWIRE WONG TEGAL” yang bertempat di jalan Pemuda no.2 Tegal

Menurut  Wayan, salah serang narasumber POLMAS polisi masyarakat mengkondisikan kepolisian, ada stabilitas masyarakat dan polisi. “POLMAS JAKWIRE WONG TEGAL” sendiri  telah di launching tanggal 2 APRIL 2010 untuk Kapolres Tegal Kota yang mana programnya telah di jalankan di masing-masing RT dan Kelurahan. Kapolsek sebagai koordinator pengendali untuk pemantau kegiatan polmas yang ada di kelurahan.

Untuk bersama-sama antara polisi dan masyarakat melaksanakan program POLMAS JAKWIRE WONG TEGAL, serta bersifat proaktif dan berorientasi pada pemecahan masalah secara informal.

Kata POLMAS  JAKWIRE WONG TEGAL  sendiri itu adalah seperti mode atau  istilah. POLMAS bisa di artikan PERPOLISIAN atau PEMOLISIAN (pemberdayaan setiap komponen dan segala sumber daya yang dapat di libatkan dalam pelaksanan tugas). Penyelenggaraan tugas kepolisian yang mendasari kepada pemahaman untuk menciptakan kondisi aman dan tertib.

Secara umum terkadang masih banyak orang yang merasa takut karna kehadiran polisi.

Lantas dengan adanya program POLMAS  JAKWIRE WONG TEGAL  ini yang sudah di adakan di masing-masing RT dan Kelurahan apakah sudah mengena di mata masyarakat ?

padahal apa yang perlu di takuti dari seorang polisi ? Tambah  KRISTANTO BUDI NURSETYA,S.Sos  Kompol  KEPALA BAGIAN OPERASI POLRES TEGAL KOTA, selaku narasumber.

(lah wong sama-sama manusia kok,dan kita semua sama). Tambahnya.

Kemudian harapan polri mendapat solusi untuk megenai sosialisasi POLMAS JAKWIRE WONG TEGAL adalah Mampu mendeteksi gejala yang dapat menimbulkan permasalahan di masyarakat, Mampu mendapat solusi untuk mengantisipasi masalah, Dan mampu memelihara keamanan dan ketertiban lingkungannya.

POLMAS sebagai Strategi : Implementasi pemolisian proaktif yang menekankan kemitraan sejajar antara polisi dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan tangkal kejahatan.

POLMAS sebagai falsafah : Suatu model pemolisian yang menekankan hubungan yang menjunjung nilai-nilai sosial atau kemanusiaan dalam kesetaraan, seperti adanya komunikasi yang baik. (PERKAP No.7 th 2008 pasal 1 ayat 7).

Model POLMASnya sendiri, KRISTANTO BUDI NURSETYA,S.Sos menyimpulkan model POLMAS atau kagiatan POLMAS dari pranata sosial dan pola pemolisian masyarakat seperti Siskampling (ronda), Pecalang (semacam pembagian air ke desa-desa).

Akan tetapi model yang paling tepat, sesuaikan dengan kondisi dan budaya lokal, dengan intensifikasi giat fungsi Binmas Polri, yaitu dengan sms gateway ke nomor 08170283110,Kotak pengaduan, Kotak pos 7777, Saka Bhayangkara, Satpam, dll

Sementara itu masyarakat sekarang cenderung lebih menginginkan pendekatan yang personal dan menekankan masalah dari pada formalitas yang kaku.

Arti kata “POLMAS JAKWIRE WONG TEGAL” merupakan implementasi Polmas Polres Tegal Kota, di ambil dari kata Jakwir yang berasal dari kata Batir (teman), sementara di lafal (di tulis) Jawir, yang merupakan bahasa gaul orang Tegal yang di gunakan sejak jaman penjajahan sebagai bahasa sandi, namun sekarang menjadi bahasa sehari-hari, serta berusaha mengadopsi budaya lokal yang ada sehingga bisa di mengerti, di terima dan di respon positif oleh masyarakat, terutama untuk Kota Tegalnya sendiri.

Sementara di akhir pembicaraannya,dalam sosialisasi ini,beliau (KRISTANTO BUDI) memaparkan Sasaran-Sasaran program POLMAS JAKWIRE WONG TEGAL yaitu : Legislatif, Eksekutif, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemda, Camat, Kepala Kelurahan, Pengusaha, Supir Angkutan, Tukang Becak, Pedagang Kaki Lima. Jelasnya melalui implementasi Polmas, lalu apa yang dapat di peroleh masyarakat :

  • Kedekatan hubungan antara masyarakat dan Polri.
  • Menciptakan SISKAMTIBMAS yang kondusif, tercipta persatuan dan kesatuan di masyarakat.
  • Meringankan beban tugas Polri karna adanya bantuan masyarakat dalam menjaga SISKAMTIBMAS.
  • Dapat menutupi kekurangan pers, Polri dalam menjaga menghadapi gangguan KAMTIBMAS masyarakat.

Sejauh ini ada banyak program yang di lakukan Polres Tegal Kota untuk mensosialisasikan program JAKWIRE WONG TEGAL, yaitu :

  1. SARASEHAN DASN PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA.
  2. BALO-BALO POLMAS “ JAKWIRE WONG TEGAL”.
  3. PROGRAM POLISI JAKWIRE ANAK.
  4. SAFARI KAMTIBMAS “JAKWIRE WONG TEGAL” (program kebersihan lingkungan setiap jum’at).
  5. SAFARI KAMTIBMAS JALIN KEMITRAAN.
  6. SAFARI TIM HADROOH “JAKWIRE WONG TEGAL”.
  7. PELATIHAN PKS SMP DAN SMA.
  8. TATAP MUKA BERSAMA PENGUSAHA EMAS PERMATA TEGAL.
  9. PENCANANGAN GERAKAN PROGRAM “DHEK ASIH”.
  10. APEL BERSAMA GERAKAN NASIONAL INDONESIA BERSIH.
  11. PATROLI JAJARAN POLWAN
  12. HIMBAUAN DAN PESAN KAMTIBMAS. (nurul-jrnls.smk al-irsyad tgl)

About osissmkalirsyadtegal

anak osis smk al irsyad tegal, punya media penulisan karya dari siswa

Posted on Mei 18, 2012, in Berita and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: